REVIEW DRAMA KOREA SUSPICIOUS PARTNER

image

Drama korea Suspicious Partner baru saja berakhir dan hari-hari gue setelah berakhirnya drama ini dipenuhi oleh soundtrack dramanya yang gue play berulang kali karena gue kangen banget sama drama ini sangat susah untuk move on. Rasanya kepala gue masih dipenuhi oleh rambut berantakannya eun bong hee, gemesnya noh ji wook kalo lagi ngambek di tengah-tengah rapat, ketawa manis nya ji eun hyuk, senyum isengnya kepala Bang, kelucuannya ceo byeon dan semua hal tentang drama ini masih senang berputar-putar di kepala gue.

Rasanya baru kemaren episode pertamanya tayang gak rela ternyata udah kelar aja dan yang bikin tambah sedih adalah tepat setelah drama ini selesai uri oppa Ji chang wook menjalankan wajib militer. Patah hatinya jadi double. ibaratnya udah dibikin sayang banget eh ditinggal gitu aja ditinggalnya lama lagi kan jadi sedih. Hiks. Eh yaudah daripada sedih-sedih terus mending gue mau bahas drama ini.

Drama Suspicious Partner bergenre Legal, Crime, Romance. Bercerita tentang seorang jaksa tampan bernama Noh ji wook yang berkenalan dengan seorang gadis calon pengacara bernama Eun bong hee di suatu situasi yang tak terduga. Ji wook menyelamatkan bong hee dari mantan pacar bong hee karena teringat masa lalunya. namun ternyata keputusannya itu membuat ji wook terlibat dalam banyak hal diluar dugaannya. Tiba-tiba ji wook harus melihat bong hee di tangkap polisi atas tuduhan pembunuhan terhadap mantan pacar eun bong hee yang ditemukan meninggal tertusuk di rumah bong hee. Akhirnya ji wook mendapatkan bukti yang membuat bong hee bebas dari tuduhan pembunuhannya namun ayah mantan pacarnya yang seorang jaksa wilayah tak terima dengan keputusan itu. baginya, Bong hee tetap seorang pembunuh. Sampai bong hee menangkap pelaku sebenarnya bagi jaksa wilayah bong hee tetap pembunuh dan dia sangat membenci bong hee. Kebebasan bong hee membawa dampak yang tidak baik untuk ji wook. Dia harus kehilangan pekerjaannya sebagai jaksa, padahal menjadi seorang jaksa seperti ayahnya adalah keinginan ji wook sejak kecil. Ini membuat hubungan ji wook dan eun bong memburuk dan eun bong dipenuhi rasa bersalah pada ji wook. Sampai akhirnya mereka mendapatkan tanda-tanda kemunculan pelaku pembunuhan mantan pacar bong hee dan berusaha menangkapnya untuk membuktikan ketidakbersalahan Eun bong hee karena selama ini sejak kasus itu bong hee hidup sulit juga karirnya sebagai pengacara sangat buruk.

Setelah tak lagi menjadi jaksa ji wook menjadi pengacara di prima hukum CEO Byeon dan terpaksa harus sekantor dengan orang yang tak dia sukai, pengacara Ji Eun Hyuk. Tapi tak lama ji wook membuka firma hukum sendiri yang berkantor di rumahnya. Yang bekerja di firma hukum ini bersama ji wook ada CEO Byeon, eun bong he, kepala penyidik Bang, dan Ji eun hyuk yang dengan berat hati harus ji wook izinkan ikut bekerja di firma hukumnya. Di firma hukum ini mereka menghadapi beberapa kasus yang menarik dan memberikan ending yang cukup sulit ditebak diantara kasus-kasus yang mereka tangani ternyata ada kasus yang membuat mereka menemukan pelaku pembunuhan mantan kekasih Eun bong hee. Namun pelakunya sangat sulit untuk ditangkap dan malah mendatangkan bahaya untuk bong hee, ji wook dan orang-orang terdekat mereka.

Kisah romance dalam drama ini cukup membuat hati pilu dimana banyak hal yang menjadi rintangan bagi Eun bong hee dan ji wook untuk bersatu mulai dari mantan kekasih ji wook, jaksa Cha yang tiba-tiba datang lagi sampai masa lalu keduanya yang tak bisa mudah mereka lupakan.

Cerita yang disajikan drama Suspicious  Partner ini cukup menarik untuk diikuti karena walau drama ini bercerita tentang kasus pembunuhan tapi disajikan dengan ringan dan banyak unsur komedi didalamnya. Keceriaan di firma hukum ji wook sungguh menjadi penghibur di tengah kekesalan melihat kejahatan jung hyun soo. Gue sering banget ketawa ketawa sendiri liat kegaduhan di firma hukum ini terutama pas adegan rapat yang selalu kacau karena CEO Byeon XD nih kakek-kakek kalo udah ngomong bikin pengen kurang ajar ama dia hahaha. Adegan setiap kali CEO Byeon berantem sama Eun Bong Hee selalu jadi adegan yang gue suka dan gue tunggu-tunggu.

karakter :

noh ji wook

pria tampan, pintar, tegas, menggemaskan. Dibalik ketegasannya ji wook punya hati yang lembut dan baik namun seringnya dia tak mau menunjukkan sisi baiknya pada orang lain. Dia tak ingin orang menganggapnya baik dan lemah. Sifat menggemaskan yang dimilik ji wook adalah saat dia mengatakan dia membenci seseorang namun dia terus bersikap baik pada orang itu. dia tidak pandai membenci orang lain. gemas kan yaaa. Buktinya, di episode-episode awal meski kesal dengan bong hee karena saat itu menurutnya bong hee membawa takdir buruk untuk hidupnya tapi dia tak mengacuhkan bong hee begitu saja dia malah terus membantu bong hee. Saat bertemu lagi dengan jaksa cha juga dia tetap bersikap baik bahkan membantu mantan kekasihnya saat dia sedang sakit. meskipun dia masih terluka karena pernah di khianati oleh jaksa cha noh ji wook tetap tidak membenci jaksa cha karena dia bagaimanapun teman sejak kecil ji wook. Kebencian dia pada ji eun hyuk juga tak sebesar yang dia katakan dia bahkan akhirnya mengizinkan eun hyuk bekerja bersamanya padahal waktu itu abis nelpon eun hyuk aja badan ji wook gatel-gatel x)) Dia masih peduli pada eun hyuk sebenarnya tapi tak mau mengatakannya.

                Actingnya ji chang wook emang keren bangetlah dia berhasil membawakan karakter noh ji wook dan membuat jelas perbedaan ketika ji wook jadi jaksa dan ketika dia jadi pengacara. Perbedaan itu bukan sekedar gaya rambutnya aja. Tapi pembawaan, gaya bicara, tatapan semua beda menurut gue. karena saat jadi jaksa ji wook benar-benar menjadi dirinya dan ditempat yang sepantasnya dia berada. Ji wook itu bukan cowok yang romantis dan sweet dia bahkan gabisa berlaku manis dan romantis buktinya ngasih kalung ke bong hee aja dia bingung gimana cara ngasihnya tapi ji wook membuktikan cintanya dengan cara yang berbeda yang lebih menggemaskan. Ji chang wook benar-benar membuat Ji wook terlihat begitu mencintai bong hee dan begitu menyayangi orang-orang yang selalu ada untuk dia. mungkin karena masa lalunya juga. Adegan dia nangis saat bang gyejangnim di operasi yang dia mukul-mukul pintu ruangan operasi itu juga bagus banget bener-bener bikin sedih dan rasanya pengen meluk dia.

Eun bong hee

Gadis yang cuek tapi sensitif, dia mudah sekali tahu kalo ada hal yang tidak beres tapi sulit untuk dia tahu bahwa keadaan rambutnya sangat tidak beres jika sedang bekerja keras. Karakter bong hee cukup unik dan bikin gemes juga. bedanya kalo sama bong hee gemesnya karena dia kadang berbuat sesuatu secara spontan tapi kadang dan seringnya dia itu kebanyakan mikir hal yang sebenernya ga penting-penting amat. Jadi kadang bikin sebel sendiri. misalnya, untuk memutuskan menerima Ji wook aja mikirnya lama banget padahal di awal-awal dia suka banget sama ji wook sampai 2 tahun stalking ji wook merhatiin dia dari jauh ya emang sih sedih karena pernah ditolak tapi kan alasannya ji wook nolak pun bisa diterima, karena dia masih takut menjalin hubungan bukan karena dia balik lagi ke Jaksa Cha mungkin karena pas menyatakan perasaannya itu posisinya ji wook baru balik dari nganter jaksa cha jadi bong hee mengira itu penyebabnya karena ji wook masih sayang sama Jaksa Cha. Cuma kan selain nganterin jaksa cha yang lagi sakit ji wook gak bersikap ramah atau punya urusan masalah pribadi sama jaksa cha. Menurut gue pribadi sih, Bong hee gak harus selama itu mutusin nerima ji wook atau enggak. Pas mereka putus pun gue gemes sama bong hee kok ya sampe dia mau resign segala padahal dia tahu susah banget buat dia dapet kerjaan karena kasus di masa lalunya emang sulit untuk merelakan putus jika mereka sering ketemu gue setuju dengan pindah rumah tapi resign? Kayanya gak perlu deh.

Untuk Bong hee yang berani melakukan apapun demi pekerjaannya dan ibunya rasanya terlalu aneh dia melepas kerjaannya gitu aja karena putus toh dia bisa aja kok menghindar dari ji wook dia bisa sering aja kerja diluar kantor buat penyelidikan juga kan dia jarang dikantor. Sifat bong he yang lambat ini yang bikin gemes dan kesel sendiri tapi bong hee dengan sifat cuek dan jenaka itu juga bikin drama ini jadi bikin senyum-senyum seneng. Apalagi setiap kali dia ledek-ledekan sama CEO Byeon bikin ngakak banget x)))

Soal akting nam ji hyun sebagai eun bong hee menurut gue cocok memerankan sosok bong hee yang ceria dan cuek namun untuk urusan setiap adegan sedih gue gak terlalu bisa merasakan emosi dan kesedihannya dan chemistry dengan ji chang wook pun buat gue sih gak terlalu terasa. Gue melihat ji wook sangat mencintai bong hee tapi bong hee tidak terlihat sebegitu mencintai ji wook. Entah karena bong hee banyak ragunya atau nam ji hyun tidak bisa memperlihatkan cinta yang begitu besar pada karakter ji wook. Tapi di awal drama ini mulai gue suka sama nam ji hyun karena eun bong hee itu menurut gue memang cocok banget dia yang memerankannya seandainya bong hee dibuat lebih tegas dan berani dan to the point seperti sosok bong hee di episode-episode awal dan rasa cintanya ke ji wook lebih dalam lagi mungkin dia bisa jadi karakter yang jauh lebih menarik.

Jung hyun soo

Keren banget dah Dong ha actingnya! Gue bener-bener dibikin merinding liat senyum jahatnya. Dia benar-benar jadi magnet orang untuk nonton drama ini untuk orang yang ingin menyerah nerusin drama ini karena gak dapet feel liat perjalanan asmara ji wook dan bong hee. Jung hyun soo dengan kejeniusan, ekspresi jahat, senyum sinis dan semua yang ada pada jung hyun soo benar-benar membuat gue hanyut kedalamnya. Kesel, marah tapi kasian kalo liat adegan dia lagi berkhayal tentang gadis yang dia sukai, park so young. Jujur kekecewaan gue karena kisah masa lalu jung hyun soo dan park so young tidak dijelaskan itu besar banget. gue bener-bener sedih liat jung hyun soo yang melakukan hal sejauh ini karena keadilan hukum yang tak ia dapatkan. Walaupun itu tidak bisa jadi alasan untuk membenarkan perbuatannya. Dia tetap seorang pembunuh yang berbahaya.
 
Cha Yoo Jung atau jaksa Cha

Jaksa cha adalah karakter yang gue suka di drama ini yang sejujurnya gue lebih suka karakter Cha yoo jung dibandingkan bong hee. Ini membuat gue sedikit mengalami second lead syndrome tapi karena ada eun hyuk gue jadi gak terlalu merasakannya. ada scene percakapan dia sama eun hyuk disitu ketahuan ternyata mereka gak melakukan apa-apa di hari dimana ji wook memergoki mereka di masa lalu yang membuat ji wook dan Cha Yoo Jung berpisah disitu gue jadi tahu Cha Yoo jung itu orang yang baik sebenarnya ditambah ketulusan dia membantu ji wook menangkap jung hyun soo dan juga demi kebenaran dia rela dapat banyak masalah. meskipun itu memang tugasnya sebagai jaksa tapi gue yakin karena ini melibatkan ji wook dan eun hyuk yang berarti buat dia jadi dia tambah yakin untuk melakukan itu semua. Cha yoo jung juga orang yang berani dan jujur dalam menyampaikan perasaannya dia gak bertele-tele dan gak berpura-pura meski pada awalnya masih mencintai ji wook dan ingin kembali padanya tapi cha yoo jung tidak berbuat jahat kepada eun bong hee dia hanya terkadang bertanya ke bong hee dengan nada yang menyebalkan atau mengacuhkan bong hee tapi itu karena cha yoo jung mengekspresikan perasaannya dengan jujur kalau dia kesal pada bong hee itu saja menurut gue itu wajar apalagi bong hee dekat dengan 2 orang penting dalam hidupnya yang sudah meninggalkan dia. pada akhirnya juga yoo jung menerima kenyataan bahwa ji wook memang bukan untuk dia sedih sih ini sebenernya apalagi kenyataannya dia gak selingkuh 😦 tapi gue tetep bertanya-tanya sih ya kalo gak selingkuh ngapain dia ama eun hyuk terlibat di situasi seperti abis melakukan “sesuatu”?

Sebenernya cha yoo jung pasangan yang cocok untuk ji wook namun kehadiran eun hyuk yang ternyata lebih dulu jatuh cinta pada yoo jung dan sikap perhatiannya eun hyuk membuat gue tak terlalu merasakan second lead syndrome dan merasa rela yoo jung ama eun hyuk.

Eun hyuk

Pengacara muda, ganteng, pintar, peduli dan humoris sukses diperankan oleh Choi Tae joon. Eun hyuk membuat gue merasakan persahabatan yang tulus dan sebenarnya. Eun hyuk rela melakukan apapun untuk ji wook hanya untuk dimaafkan oleh sahabatnya itu. dia rela melapaskan cha yoo jung untuk ji wook bahkan setelah mereka putus eun hyuk masih berpikir berkali-kali apakah dia bisa mendapatkan cinta cha yoo jung dan apakah itu menyakiti ji wook karena bagi eun hyuk meskipun sudah ada eun bong hee bukan berarti ji wook akan senang dia bersama dengan eun hyuk. Eun hyuk bahkan rela membela bong hee meski dia sudah tahu dia akan dikucilkan karena membela tersangka pembunuhan anak kepala jaksa tapi karena ji wook yang meminta bantuannya eun hyuk tak bisa menolaknya. Bahkan demi menerima maaf dari ji wook eun hyuk rela melepaskan karir pengacaranya di perusahaan besar demi kebersamaannya yang lebih sering dengan ji wook. Meski ditolak dan di usir dari rumahnya eun hyuk tetap berusaha sekeras mungkin agar ji wook bisa menerimanya. Ditolak, di usir, dikeroyok anak SMA, diledek dan sebagainya eun hyuk tak pernah gentar sedikitpun demi penerimaan pada  Ji wook. Gue sangat bisa merasakan ketulusan Eun hyuk pada ji wook juga ketulusan cintanya pada cha yoo jung.  

Kekurangan : ada beberapa hal yang gue rasa kurang di drama ini, ini sih perasaan gue aja.

– Kurang jelasnya masa lalu jung hyun soo dan gadis SMA bernama park so young yang merupakan gadis yang disukai jung hyun soo. Cerita ini menurut gue tidak diselesaikan dengan tuntas. Kenapa jung hyun soo suka lagu itu dan di restoran orang tua park so young ada lagu itu? kenapa setiap ada bayangan tentang park so young dia selalu pakai headset? Dia suka banget denger lagu? Ada kenangan apa sama jung hyun soo sampai selama bertahun-tahun bayangan park so young pakai headset itu terulang berkali-kali di kepalanya hyun soo? Kisah hyun soo menurut gue akan lebih menarik saat diceritakan saat dulu hyun soo menyukai park so young dan momen kebersamaan mereka. Karena saat lihat adegan hyun soo nangis di lapangan basket dan ada bayangan park so young gue nangis gak kelar-kelar karena yakin pasti sedih banget ini cerita diantara mereka namun sayangnya sampai dramanya tamat kisah mereka tak diceritakan dengan cukup jelas. Di episode 16 banyak scene kurang penting yang menceritakan kehidupan sehari-hari bong hee dan ji wook padahal jika itu dipakai untuk menceritakan kisah hyun soo dan park so young dengan lebih jelas pasti drama ini akan lebih meninggalkan bekas mendalam di hati. Kejadian di masa lalu saat dendam hyun soo dimulai juga buat gue tidak diselesaikan secara mendetail. Minimal harusnya ada wajah hyun soo dimana dia benar-benar hanya jadi penonton saat teman-temannya melakukan hal itu pada park so young dan momen dimana hyun soo benar-benar sedih atas apa yang menimpa gadis yang dicintainya.

 

– Bagian amnesia Jung hyun soo ini sungguhlah mengganggu karena gak ada efeknya juga sampai akhir cerita. Akhirnya hyun soo inget lagi semuanya dengan jelas. Cuma menyayangkan kenapa musti ada hilang ingatan yang sungguhlah sangat last year banget. Mungkin dengan hilang ingatan hyun soo ini jadi membuat ji wook tau tentang park so young namun pada saat yang sama bong hee juga tau siapa park so young dari penyelidikannya bersama eun hyuk jadi menurut gue amnesia ini sungguhlah tak perlu.

Ending :

Happy ending memang sebuah akhir yang pantas untuk semua karakter dalam drama ini terutama untuk bong hee dan ji wook. Pada akhirnya mereka bisa menjalani percintaan seperti pasangan normal lainnya dan bertengkar untuk hal-hal sederhana. Gue senang sekali melihat mereka di scene-scene terakhir sebelum tamat entah kenapa menurut gue disitu chemistry mereka sangat terasa seperti sepasang kekasih. Jung hyun soo akhirnya harus menerima buah dari perbuatannya. Ji eun hyuk dan cha yoo jung yang tidak langsung berpacaran karena yoo jung tidak langsung menerima eun hyuk buat gue sangat pas karena selepas apa yang terjadi diantara dia dan eun hyuk yoo jung tak mau membuat eun hyuk pergi dari sisinya lagi dia juga tak mau menyakiti eun hyuk karena takut perasaannya belum bisa dikatakan perasaan jatuh cinta pada seorang pria. Dia tak mau bersama eun hyuk hanya karena kesepian. Dia ingin bila harus bersama eun hyuk itu karena dia benar-benar cinta kepada eun hyuk aaakkk :”)

Kesan gue setelah menonton: ini drama yang menghibur dan menarik untuk ditonton dan cukup mengoyak perasaan kita. Drama yang sederhana namun membuat kita sadar melakukan banyak hal demi cinta itu sangat mungkin dilakukan orang yang jatuh cinta sekalipun itu tindakan yang tidak benar. Dari drama ini gue disadarkan kembali bahwa keputusan yang kita ambil dimasa lalu bisa saja memberikan penderitaan pada masa sekarang dan masa depan orang lain. dari satu ketidakadilan mungkin akan banyak sekali hal yang harus dikorbankan.

NILAI : 8,5/10

Sekian reviewnya sampe ketemu di kebaperan selanjutnya!

Dah! *lanjut naek sepeda sama Noh ji wook* 

Baperin drama korea bareng gue di twitter yuk! Mention @Ayugum9395 😉

Advertisements

5 thoughts on “REVIEW DRAMA KOREA SUSPICIOUS PARTNER

  1. Hai salam kenal… W baru nonton drama ini karna w ngefans sama abang wookie, awalnya antusias banget dengan kisah percintaan bong hee-ji wook tapi saperti kata kamu w ga dapet feel mereka, malah di episode saat bong hee bertele2 nerima ji wook sempat pengen “udah ah ga seru”. W malah lebih tertarik sama kisah hyun soo aslinya w juga mewek pas hyun soo nangis di lapangan itu dan w lebih baper liat kiss eun hyuk-yoo jung, pas eun hyuk elus tangan yoo jung saat mereka kiss disitu w bisa ngerasain eun hyuk sayang tulus banget sama yoo jung… Btw aku kurang suka sama karakter no ji wook mungkin karna terbiasa nonton ji chang wook dengan adegan laganya jadi berasa kurang greget… Hehe, salam

    Like

    1. Hai salam kenal 😉 emang ini jadi salah satu drama ji chang wook yg rada mengecewakan. Banyak juga yang kecewa sama akting nam ji hyun. Aku juga suka bgt sama kisah eun hyuk dan yoo jung. Acting pemeran yoo jung jg bagus pengennya sih liat dia jadi first lead di drama lain. Ngerasa jg gak kisah hyun soo yg udah bikin sedih bgt ini dibahasnya nangung? 😦

      Like

  2. tapi gue tetep bertanya-tanya sih ya kalo gak selingkuh ngapain dia ama eun hyuk terlibat di situasi seperti abis melakukan “sesuatu”?
    Kan setelah ‘adegan selingkuh’ itu jaksa Cha pergi ke luar negeri buat nerusin sekolah masternya jadi jaksa. Mungkin itu salah satu alasannya. Bisa jadi jaksa Cha sengaja bikin cerita kayak gitu biar Noh Ji Wook kecewa sama dia, terus pas dia pergi ke luar negeri Ji Wook gak terlalu merasa kehilangan karena rasa kehilangan itu tergantikan oleh rasa kecewa karena diselingkuhin sama sahabatnya sendiri. Itu alasan menurut gue sih.

    Like

  3. Hai kusuka bgt suspicious partner hampir 2 tahun masih ga bisa mupon dari drama ini. Bahkan sampe ngeshipperin jichangwook sama namjihyun di dunia nyata lol. Apalagi pas nonton setiap bts sama cuplikan dcut di ig betapa nyamannya mereka berdua satu sama lain. Hahai mungkin komeku sedikit melenceng dari apa yang dibahas disini 🙂 sorry salahkan jiwa shipperku ini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s